Rabu, 15 Agustus 2018

Nijiru - Menikmati Rasa Gurih Dari Umami Jepang Dengan Sayuran!


Apa Itu Umami?

Pernahkah anda mendengar tentang Umami, rasa yang pertama kali ditemukan di Jepang?
Umami adalah rasa yang disebabkan oleh interaksi glutamat (sejenis asam amino) yang ditemukan dalam makanan dengan reseptor rasa di lidah. Terkadang disebut sebagai rasa kelima bersama dengan empat rasa dasar yaitu manis, asam, asin dan pahit.

Rasa umami ditunjukan oleh rasa dashi yang kaya dan gurih yang terbuat dari rumput laut kombu dan katsuobushi. Hari ini kami akan memperkenalkan restoran washoku (Bergaya Jepang) yang dikenal sebagai Nijiru. Di Nijiru, mereka menggunakan konsai nijiru* di seluruh menu mereka dan memungkinkan para tamu untuk sepenuhnya menikmati rasa umami ini.

Konsai Nijiru* : kaldu sup yang terbuat dari konsai (sayuran umbi-umbian) seperti lobak Jepang, wortel dan gobo (akar burdock).

Nijiru – Restoran Jepang Dengan Banyak Sayuran

Nijiru terletak hanya dua menit berjalan kaki dari Stasiun Kudanshita Metro Tokyo. Tirai biru indigo yang modis menggantung di pintu masuk yang memberi kesan toko bergaya Jepang.

Pemilik di sini percaya bahwa lezat dan sehat adalah poin awal untuk masakan Jepang dan menegaskan bahwa konsai (sayuran umbi-umbian) khususnya telah memainkan peran penting dalam asal-usul masakan Jepang.


Sangat mungkin bahwa tidak ada sekelompok orang di dunia yang semula memakan konsai sebanyak yang dimiliki orang Jepang. Dimulai dengan nimono (masakan yang direbus) dan sup miso, masakan sehari-hari berisi berbagai macam sayuran seperti wortel, akar burdock, daikon (lobak) dan renkon (akar teratai).



Dengan sayuran umbi-umbian, area antara kulit dan daging dipadatkan dengan umami dan aroma. Setiap bagian dari sayuran menawarkan rasa yang sedikit berbeda. Ketika sayuran ini direbus dan direbus dengan api kecil untuk waktu yang lama, ada banyak sekali umami dan nutrisi dalam esensi yang diekstraksi.

Di Nijiru, persediaan sup sayuran umbi-umbian ini digunakan dalam berbagai cara, dalam saus daging dan ikan, salad dressing dan hidangan lainnya. Ini sangat ideal untuk individu yang sadar kesehatan dan bagi mereka yang menginginkan lebih banyak sayuran dalam diet anda. Juga, menu makan siang (disajikan pada baki yang disebut gozen) juga tersedia dalam bahasa inggris sehingga anda dapat memesan tanpa khawatir.

Hidangan Khusus Yang Dipenuhi Dengan Rasa Umami

Hidangan khusus ini berisi sup dengan sayuran umbi-umbian yang banyak. Disebut maguro no goma shoyu-koji donburi, okkake konsai nijiru dashi ochazuke gozen (1.000 yen ditambah pajak).



Selanjutnya, kami memperkenalkan filosofi pemilik tentang cara makan yang paling enak, yang termasuk dalam nama makanan yang panjang dari hidangan di atas.

Mulai Dengan Kaldu Sayuran Umbi-Umbian

Bahan yang digambarkan di atas membuat penampilan di seluruh menu gozen. Meskipun terlihat seperti air, sebenarnya ini adalah kaldu sayur (konsai nijiru). Ini digunakan di semua menu hidangan di Nijiru dan merupakan kaldu yang direbus dengan perlahan dengan menggunakan sayuran seperti gobo (akar burdock), wortel, lobak, daikon (daun dan tangkai) dan jamur shiitake kering.



Sup kaldu dingin ini mengeluarkan aroma sayuran umbi-umbian dan memiliki rasa yang sedikit manis. Kertas yang berada di bawah kaca memiliki pesan di atasnya yang berbunyi, Jika kamu pikir minum kaldu sup semacam ini, anda akan membersihkan tubuh anda dari dalam hingga ke luar.

Meskipun mungkin tergoda untuk meminum semua ini dalam satu tegukan cepat, tolong jangan. Kami akan menjelaskannya di bagian akhir artikel.

Mencoba Maguro Tuna Donburi

Selanjutnya adalah hidangan Maguro Tuna Donburi. Ditempatkan diatas Genmai* dengan banyak potongan sashimi yang telh difermentasi dalam Shoyu Koji*.

Pertama-tama kita akan mencicipi hidangan ini sebagai donburi. Umami dan manisnya shoyu koji bercampur dengan tuna maguro, dan cocok dengan genmai. Anda akan menemukan diri anda yang menginginkan makan lebih banyak.



Meskipun shio (garam) koji lebih umum digunakan daripada shoyu koji dan lebih terkenal di Jepang, shoyu koji sebenarnya mengandung sepuluh kali lebih banyak bahan umami.

Genmai* : Beras sebelum mengalami proses pemolesan khusus untuk menjadi beras putih. Dengan genmai, hanya kulit biji-bijian beras yang dibuang, meninggalkan kulit padi dan benih utuh sehingga sangat kaya nutrisi.

Koji* : Sejenis pengantar yang bekerja seperti ragi untuk memfermentasi berbagai jenis makanan. Prosesnya dimulai dengan menambahkan budaya fermentasi (koji-kin) ke nasi kukus, kacang kedelai dan biji-bijian. Produk akhir adalah Koji yang memungkinkan produksi miso, shoyu, cuka, mirin dan makanan lainnya.

Dari Donburi ke Ochazuke

Setelah menghabiskan sekitar setengah dari donburi, tambahkan beberapa dashi yang terbuat dari kaldu sayuran umbi dan katsuo untuk makan dengan gaya ochazuke.



Setelah sup dashi panas yang menguap dituangkan di atas donburi, panas akan membuat potongan tuna terlihat seperti daging sapi yang berlumuran lemak. Anda tidak akan bisa mendapatkan cukup tekstur yang kental dari ochazuke ini.


Rasa umami dashi menembus seluruh tuna dan hidangan ini sekarang menunjukkan rasa dan penampilan yang benar-benar berbeda dari donburi. Jika ada menuangkan dashi ke dalam lauk yang mengandung Mitsuba* dan Yuzu*, itu membuat sup yang lezat.


Mitsuba* : Sejenis herba Jepang yang mirip peterseli yang digunakan dalam makanan hot pot dan sup.

Yuzu* : Buah jeruk seperti lemon yang banyak dibudidayakan di Jepang.

Akhirnya Minum Segelas Dari Kaldu Sup

Terakhir, ambilah sisa sup sayuran yang tersisa di dalam gelas. Setelah minum satu tegukan, anda akan merasakan manis. Dibandingkan ketika pertama kali minum, kaldu memiliki rasa manis yang mengejutkan.

Menurut pemiliknya, makan makanan yang mengandung sayuran umbi dapat membantu untuk menyempurnakan lidah anda, sehingga nantinya anda benar-benar dapat menangkap rasa umami. Daripada minum sup kaldu dalam satu tegukan, teguk perlahan selama makan dan nikmati perubahan rasa yang halus dalam rasa.

Menu Sampingan Dengan Banyak Pilihan

Selain makanan pembuka gozen, ada berbagai pilihan lauk pauk. Hari ini saya memutuskan untuk memesan kentang goreng satoimo (kentang goreng taro) dengan harga 580 yen ditambah pajak.



Kentang goreng ini dibalut dengan saus khusus yang dibuat dengan kaldu sayuran umbi dan shoyu sebelum digoreng. Bagian luar kentang goreng renyah dan tidak memiliki tekstur lengket, jadi kami merekomendasikannya kepada mereka yang tidak menyukai tekstur lengket seperti yang dimiliki oleh kentang satoimo.

Dibandingkan dengan jenis kentang lainnya, satoimo memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori. Ada pilihan lengkap lauk yang menggunakan kaldu sayuran, termasuk kaldu sayur dashi omelet (680 yen ditambah pajak) dan ayam teriyaki (680 yen ditambah pajak).


Di Nijiru ada berbagai Nihonshu domestik yang dipilih secara teliti (90ml : 580 yen ditambah pajak dan 150ml : 980 yen ditambah pajak). Pemilik toko akan dengan senang hati merekomendasikan Nihonshu yang paling cocok dengan makanan anda, sehingga pengunjung yang tidak terbiasa dengan nihonshu juga dapat menikmati minuman.



Dengan satu kunjungan ke toko ini anda akan menemukan asal-usul makanan Jepang dan rasa Umami. Untuk makan siang atau makan malam tujuan berikutnya mengapa tidak mencoba mampir di Nijiru?


#articles #japan #traveling #nijiru #guide #tips #culinary #vegetables #umami #flavour
Aizawa Kousaku
Aizawa Kousaku

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar