Rabu, 18 Juli 2018

Hampir 70 Persen Wanita Muda di Jepang Mengaku Dirinya Otaku Menurut Survei Shibuya109 Lab!

Tujuh dari sepuluh mengatakan mereka menikmati anime dan manga, dan lebih dari 15 persen menghabiskan lebih dari 90.000 Yen setahun untuk hobi Otaku mereka.Ketika kebanyakan orang mendengar kata Otaku, yang terpikirkan adalah seorang Pria. Mungkin dia akan menggunakan salah satu tanda visual Otaku steretipikal lainnya, Seperti kemeja kotak-kotak, jins terpotong, tas punggung besar, tetapi dalam kasus apapun Otaku yang terpikirkan oleh mereka pertama kali adalah seorang pria.
Namun penelitian pemasaran Jepang Shibuya109 Lab baru-baru ini melakukan survei di kalangan wanita berusia 15 hingga 24, dan menemukan bahwa hampir 70% mengaku dirinya sebagai Otaku.

Untuk keperluan survei berbasis smartphone, yang mengumpulkan 400 tanggapan, Otaku Shibuya109 mendefinisikan Otaku sebagai fans yang menghabiskan banyak waktu atau uang untuk hobi mereka. Dengan kriteria itu sebanyak 69,3% mengatakan mereka otaku. Berikut adalah lima tanggapan teratas rincian spesifik dari kepentingan otaku :
Anime, Manga dan/atau Video Game : 28,2%
Idola/Selebriti Pria Jepang : 24,9%
Band/Musisi Jepang : 10,1%
Idola/Selebirti Luar Negeri : 6,9%
Idola/Selebriti Wanita Jepang : 6,5%
Selain menjadi bagian dari ketertarikan yang besar, anime dan manga menikmati popularitas yang meluas bahkan diantara mereka yang tidak mengambilnya sebagai passion nomor satu otaku. Ketika ditanya apakah mereka menyukai anime atau manga, lebih dari separuh wanita mengatakan bahwa mereka melakukannya, dengan jawaban mereka sebagai berikut :
Saya sangat menyukainya : 35,5%
Saya Suka : 34,5%
Saya Biasa Saja : 12%
Saya Tidak Terlalu Suka : 11%
Saya Sama Sekali Tidak Menyukainya : 6,8%

Survei juga menanyakan seberapa sering para wanita menikmati hobi otaku dengan tanggapan biasa sejauh ini, dari 61,4% mengatakan hampir setiap hari dan 3,6% yang mengatakan mereka melakukannya sekali seminggu.

Namun, beberapa orang mungkin mempertanyakan penerapan label otaku untuk beberapa wanita berdasarkan pengeluaran keuangan mereka. 17,3% orang mengatakan bahwa setiap tahun mereka menghabiskan kurang dari 5000 yen untuk hobi otaku mereka. Tetapi dalam gambaran lain, 4,3% dari para wanita mengatakan mereka mengeluarkan lebih dari 150.000 Yen per tahun untuk hobi otaku mereka, dengan total 16,9% menghabiskan lebih dari 90.000 Yen dan 15,2% menghabiskan sekitar 30.000 dan 50.000 Yen setiap tahun untuk hobi mereka.
Shibuya109 Lab juga mengulangi survei dengan kuisioner di tempat pusat perbelanjaan Shibuya yang trendi di Tokyo, dan mendapatkan 100 tanggapan yang dikumpulkan disana. Untuk kelompok itu, bagian yang lebih besar yaitu 77% diidentifikasi sebagai Otaku, dengan ketertarikan mereka adalah Idola/Selebriti Pria dari Jepang (35,1%) dan Luar negeri (19,5%) dan hanya 5,2% menyebut diri merek otaku anime/manga/game (meskipun mayoritas 54% masih mengatakan mereka menyukai anime/manga). Mereka juga mengeluarkan uang jauh lebih besar dengn 27,3% menghabiskan 90.000 Yen atau lebih dalam setahun untuk hobi mereka.

Source : SoraNews24

#articles #japan #culture #otaku #shibuya #tokyo #shibuya109lab #survey #hobby #girls
Aizawa Kousaku
Aizawa Kousaku

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar