Senin, 08 Januari 2018

Mulai Dari Anime Hingga Cosplay, Berikut 10 Tipe Otaku Yang Banyak Ditemui Di Jepang

Otaku merupaka salah satu istilah Jepang yang paling populer yang digunakan untuk mendefinisikan seseorang yang benar-benar menekui sebuah hobi. Awalnya, istilah otaku memiliki konotasi negatif, hingga asal-usulnya pun diperdebatkan, namun banyak orang yang setuju bahwa istilah ini digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1983 dalam sebuah esai oleh Akio Nakamori untuk merujuk pada penggemar yang berperilaku tidak menyenangkan.


Dalam beberapa tahun belakangan ini, istilah otaku nampaknya sering digunakan oleh orang-orang untuk merujuk pada para penggemar hobi atau hiburan tertentu. Dan tentunya, jumlah kategori otaku menjadi berlipat ganda, dan berikut adalah 10 tipe otaku yang paling populer.

1. Otaku Anime dan Manga

Otaku manga atau anime bukan hanya sekedar pembaca ataupun penonton saja, biasanya mereka terobsesi dengan beberapa karya itu sendiri. Mereka juga akan up-to-date pada terbitan baru dan akan benar-benar mengetahui segala hal mengenai hobinya tersebut. Manga otaku cenderung membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan koleksi manga mereka. Otaku tipe ini bisa memiliki citra netral namun juga negatif, tergantung pada jenis anime atau manga apa yang disukai oleh mereka.

2. Otaku Video Game

Otaku tipe yang satu ini mungkin memiliki lebih banyak teman di dunia maya daripada teman kehidupan nyata, dan mengacu pada gagasan bahwa otaku video game cenderung menyendiri. Mereka adalah orang-orang yang tinggal dengan video game, memiliki beberapa console atau memuja suatu merk game atau console, mengikuti game-game yang baru rilis, hingga menghabiskan waktunya untuk bermain game saja.

3. Otaku Cosplay

Seorang otaku cosplay tidak akan melewatkan acara-acara tempat berkumpulnya cosplay dan mereka mungkin akan mengambil banyak foto, serta mengagumi para cosplayer. Sebagian dari mereka biasanya juga menghadiri acara tersebut sebagai cosplayer, dan sering menciptakan kostum, aksesoris hingga wig mereka sendiri.

4. Otaku Seiyuu

Beberapa otaku anime terkadang juga menjadi otaku seiyuu, ketika mereka benar-benar mengagumi seorang aktor ataupun aktris pengisi suara. Hal ini disebabkan karena beberapa seiyuu kerap meluncurkan single yang berhubungan dengan serial anime-nya. Maka dari itu, otaku seiyuu akan menjadi kolektor hebat, dan mereka juga suka menghadiri acara di mana mereka bisa bertemu dengan idolanya.

5. Wota

 

Istilah wota dapat digunakan untuk merujuk pada wanita dan pria otaku yang menunjukan kecintaanya pada idol group dari Jepang. Mereka dapat ditemukan di berbagai konser ataupun acara, seperti jabat tangan. Mereka juga kerap mengumpulkan CD sebagai koleksi, majalah dan hal lain yang menampilkan sosok idol favoritnya.

6. Otaku Figure

Otaku Figure biasanya masih berhubungan dengan otaku video game dan otaku anime atau manga. Karena banyak figure dibuat untuk mewakili beberapa karakter dari hal-hal tersebut. Namun, mereka akan lebih fokus untuk mengumpulkan figure-figure yang ditampilkan dalam showcase, serta merawat mereka dengan sempurna.

7. Otaku Kereta

Sebagai negara dengan jangkauan rel kereta api yang luas hingga menghubungkan daerah pedesaan sekalipun, membuat masyarakat Jepang mengandalkan moda transportasi umum ini. Di kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka, kereta api juga sering digunakan untuk mengiklankan produk maupun karakter. Jadi, tidak mengherankan jika beberapa orang akan kemudian jadi penggemar berat transportasi ini, atau yang dikenal dengan istilah densha otaku.

8. Rekijo

Rekijo adalah wanita penggemar sejarah, istilah ini diambil dari kata rekishi yang berarti sejarah, dan joshi yang berarti wanita. Istilah ini juga dipakai untuk mencakup gadis-gadis yang menyukai sejarah, secara khusus, rekijo memusatkan perhatian mereka pada sejarah Jepang pra-industri, karena periode tersebut dipandang sebagai era petualangan.

9. Gunji-Ota

Otaku gunji hampir sama seperti rekijo, dimana gunji berarti militer. Tipe otaku yang satu ini sangat terobsesi dengan para pasukan bersenjata tersebut. Mulai dari seragam hingga memoribilia, dan juga menikmati manga atau anime dan video game dengan tema militer.

10. Meido-Ota

Otaku meido dapat dengan mudah ditemukan di distrik Akihabara, Tokyo, karena obsesi utama mereka adalah sesuatu yang berhubungan dengan maid, termasuk maid cafe dan manga, animegames dan grup musik yang menampilkan karakter gadis dengan kostum ala maid.

Source : Japanese Station
#article #japan #culture #lifestyle #otaku #type 
Aizawa Kousaku
Aizawa Kousaku

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar