Kamis, 25 Januari 2018

Mahasiswa Asal Universitas Nihon Ini Ciptakan Robot Hatsune Miku Seukuran Manusia

Salah satu karakter vocaloid yang paling populer di Jepang, Hatsune Miku kini tak hanya dapat dilihat dalam bentuk hologram saja di konser-konsernya, maupun mendengar suaranya dari berbagai aplikasi perangkat lunak lainnya. Hal ini terjadi setelah seorang mahasiswa asal Universitas Nihon yang dikenal Missile ini, berhasil menciptakan karakter tersebut dalam bentuk robot dengan versi ukuran aslinya.


Ia menampilkan robot buatannya ini dalam acara Robodex ketiga yang berlangsung di Shinjuku dari tanggal 17 hingga 19 Januari lalu. Robot ini memiliki tinggi yang hampir sama dengan penciptanya, dengan menggunakan sekitar 50 motor servo untuk menggerakan tangan dan kepalanya, ia bahkan juga bisa menggerakan masing-masing jarinya secara terpisah. Berikut adalah video yang memperlihatkan gerakan dari robot Hatsune Miku tersebut.

 

Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, robot tersebut dikontrol dengan menggunakan teknologi motion capture, seperti yang terlihat dalam video di atas. Missile memakai peralatan motion capture tersebut dan kemudian direplikasi oleh robot Miku, dan dengan menggunakan internet nirkabel untuk menerima informasi masukan serta mengendalikan robot Miku.

 

Missile memulai mengembangkan robot buatanya ini sejak 10 tahun lalu dan saat ini telah menciptakan dua versi yang berbeda. Robot yang dibawa dan dipertunjukan dalam acara Robodex tahun ini adalah versi terbarunya. Selain motion capture, para penggunanya juga bisa melihat melalui mata Miku dengan menggunakan teknologi virtual reality.

Setelah membuat kemajuan dengan berbagai macam teknologi robotiknya, Missile memutuskan untuk meluncurkan kampanye crowndfunding di situs Campfire untuk Life-Size, Pretty Girl Robot Production Plan. Kampanye robot ketiganya yang disebut Rei Adachi ini telah sukses setelah menghasilkan 3,6 juta yen atau 119% dari jumlah yang ditargetkan. Missile berharap dengan robot ukuran 160cm ini, akan memiliki ekspresi wajah yang rumit, bisa berbicara, bernyanyi dan berjalan.

Source : Japanese Station
#article #japan #culture #lifestyle #robotic #future #vocaloid #hatsunemiku #nihonuniversity #missile
Aizawa Kousaku
Aizawa Kousaku

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar