Rabu, 03 Mei 2017

10 Jajanan Paling Populer Di Festival-Festival Jepang

Di Jepang sendiri, ada lebih dari 300.000 matsuri, festival tradisional yang masing-masing memiliki sejarah panjang, tanggal dan sifat disetiap festival yang berbeda di suatu daerah. Biasanya matsuri atau festival ini diadakan oleh kuil lokal dan diselenggarakan oleh masyarakat setempat dengan memakai pakaian khas matsuri dan membawa mikoshi, kuil kecil atau portable sebagai rumah kami (dewa) selama festival berlangsung dan dibawa keliling kota dengan harapan bisa memberkati kota mereka dan juga masyarakat.


Sebagian festival Jepang yang diadakan selama beberapa hari dan diantara ramainya pengunjung, ada deretan warung kaki lima yang dalam bahasa Jepang disebut yatai. Warung-warung tersebut ikut meramaikan festival dengan menu makanan atau jajanan khas matsuri masing-masing. Berikut adalah 10 jajanan yang paling populer di festival-festival Jepang.

1. TAKOYAKI

Jajanan ringan khas ini berbentuk bulatan seperti bola yang terbuat dari adonan tepung terigu, yang dimasak dalam panci cetakan dan diisi dengan potongan gurita kecil.

2. YAKISOBA

Selain Takoyaki, mungkin jajanan ini paling terkenal di Jepang dan merupakan favorit para pengunjung saat datang ke festival. Ada banyak warung kaki lima yang menjual yakisoba, mie ramen panggang yang dicampur dengan kubis dan saus manis.

3. CHOCO BANANA

Menemukan Choco Banana bukanlah hal yang sulit, dikarenakan selain sangat populer di Jepang, terutama dikalangan anak-anak, jajanan yang satu ini sangat mudah dibuat. Cukup dengan melapisi pisang atau buah lain dengan lapisan coklat yang yang renyah saat digigit.

4. YAKI TOMOROKOSHI

Mencicipi kombinasi terbaik antara manisnya jagung dengan rasa asin kecap juga tidak boleh dilewatkan saat festival Jepang. Yaki Tomorokoshi adalah jagung bakar yang diatasnya dibumbui dengan kecap, miso dan mentega yang ditusuk menggunakan bambu kecil dengan aroma kecap panggang yang harum.

5. OKONOMIYAKI

Okonomiyaki adalah makanan gurih yang terdiri dari adonan tepung dengan topping kubis, berbagai macam daging, seafoodwasabi, keju dan ditutupi dengan saus okonomiyaki, serta dimasak dengan wajan besi yang dalam bahasa Jepana ialah teppan.

6. YAKITORI

Potongan daging ayam seukuran gigitan, atau daging dan sayuran lainnya yang ditusuk pada bambu kecil dan dibakar diatas api juga tidak boleh dilewatkan saat festival.

7. RINGO AME

Dalam bahasa Inggris, Ringo Ame yang terbuat dari buah apel yang dilapisi gula ini juga dikenal sebagai candy apple. Cukup sulit untuk memakan buah apel didalamnya, dikarenakan lapisan permen yang keras, dan juga lezat.

8. WATA-GASHI ATAU WATA-AME

Untuk menikmati festival Jepang, kalian tidak bisa melewatkan jajanan pencuci mulut yang satu ini, Wata-Gashi atau Wata-Ame, yang dalam bahasa Indonesia ialah kembang gula. Di bagian barat Jepang, jajanan ini biasa disebut Wata-Gashi, sementara Wata-Ame sering terdengar di bagian timur Jepang.

9. TAIYAKI

Kue yang berbentuk ikan tai yang biasanya diisi dengan azuki atau pasta kacang merah, custard, coklat, keju dan ubi jalar. Taiyaki ini dimasak dalam cetakan besi ikan yang mengahasilkan tekstur renyah yang mengelilingi kue, namun tetap lembut dan hangat dibagian dalamnya.

10. IKAYAKI

Ikayaki adalah sajian masakan sederhana dari cumi-cumi utuh yang ditaburi dengan kecap manis dan ditusuk dengan batang kayu, mirip seperti yakitori.

Source : Japanese Station
#article #japan #culture #lifestyle #culinary #japanfestival 
Aizawa Kousaku
Aizawa Kousaku

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar